Sukralfat

Sukralfat adalah obat yang digunakan untuk menangani tukak duodenum. Duodenum adalah bagian pertama usus halus. Obat ini umumnya dikonsumsi untuk jangka pendek, yaitu selama empat hingga delapan minggu. Sukralfat bekerja dengan membentuk lapisan pelindung pada dinding duodenum sehingga dapat melindungi tukak dari asam lambung. Dengan membentuk pelindung tersebut, obat ini akan mencegah kerusakan tidak bertambah parah, meredakan rasa sakit, dan membantu penyembuhan tukak.

Selain tukak duodenum, sukralfat juga terkadang diberikan oleh dokter untuk menangani gangguan pencernaan lain, seperti tukak lambung, gastritis kronis, serta penyakit asam lambung.

Peringatan:
  1. Wanita yang sedang hamil atau menyusui sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi sukralfat.
  2. Hindari konsumsi sukralfat bersamaan dengan obat lain.
  3. Durasi maksimal penggunaan sukralfat adalah delapan minggu.
  4. Harap berhati-hati bagi lansia, pasien yang menerima nutrisi melalui selang, menjalani proses dialisis, mengalami kesulitan menelan, serta menderita gangguan ginjal.
Selama menggunakan sukralfat, beri tahu dokter sebelum menjalani pengobatan medis apa pun.

Dosis Sukralfat
Dosis penggunaan sukralfat pada tiap pasien berbeda-beda. Dokter akan menentukan takaran dengan mempertimbangkan jenis penyakit dan tingkat keparahan kondisi pasien.

Dosis umum sukralfat dalam bentuk tablet yang sering dianjurkan untuk pasien dewasa adalah 1 gr sebanyak empat kali sehari. Dosis maksimal untuk obat ini adalah 8 gr per hari.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Sukralfat
Semua obat pasti memiliki efek samping, termasuk sukralfat. Efek samping utama yang umumnya terjadi selama menggunakan obat ini adalah konstipasi. Sementara efek samping lain yang mungkin dialami pasien meliputi:
  • Pusing atau sakit kepala.
  • Mengantuk.
  • Diare.
  • Mual.
  • Nyeri punggung.
  • Perut kembung.
  • Sering buang gas.
  • Mulut kering.
Segera hentikan konsumsi obat dan hubungi dokter jika Anda mengalami efek samping yang berkelanjutan atau reaksi alergi.

Posting Komentar untuk "Sukralfat"