Famotidine

Famotidine adalah jenis obat histamin H-2 receptor antagonist atau H-2 blocker. Obat ini berfungsi mengurangi jumlah asam lambung yang dihasilkan oleh lambung. Famotidine sering digunakan sebagai obat antiulserasi dan antirefluks. Lambung menghasilkan asam yang dapat membantu proses pencernaan makanan. Jika jumlah asam yang ada di dalam lambung berlebihan, bisa menimbulkan inflamasi dan luka pada dinding lambung atau usus. Kondisi kelebihan asam lambung berisiko menyebabkan tukak perut, tukak usus, penyakit asam lambung atau GERD, dan gangguan pencernaan.
Famotidine

Selain mengurangi asam di dalam lambung, famotidine membantu proses pemulihan jika sudah terdapat bagian dari dinding lambung yang rusak.

Peringatan:
  1. Bagi wanita hamil, sedang merencanakan kehamilan, atau sedang menyusui tidak disarankan mengonsumsi obat ini.
  2. Harap berhati-hati dalam mengonsumsi obat ini bagi penderita gangguan ginjal, gangguan hati, anemia, dan gangguan paru-paru seperti asma.
  3. Harap berhati-hati jika mengalami muntah-muntah, kesulitan menelan dan penurunan berat badan.
  4. Tanyakan kepada dokter sebelum mengonsumsi obat lain, baik obat bebas maupun obat resep, selama mengonsumsi obat ini.

Dosis Famotidine

Dosis awal famotidine adalah 20-80 mg per hari. Batas maksimal mengonsumsi obat ini adalah selama enam hari. Obat ini hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa dan remaja berusia 16 tahun ke atas.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Famotidine
Reaksi orang terhadap sebuah obat berbeda-beda. Beberapa efek samping yang umumnya terjadi adalah:
  • Sakit kepala.
  • Pusing.
  • Diare.
  • Konstipasi.
Jika efek samping yang terjadi terus berkepanjangan, mengganggu aktivitas, atau Anda mengalami reaksi alergi, temui dokter.

Posting Komentar untuk "Famotidine"