Vitamin B2

Vitamin B2 adalah salah satu jenis dari vitamin B yang larut dalam air sehingga tidak bisa disimpan oleh tubuh. Vitamin ini memiliki berbagai fungsi. Secara umum, tubuh kita membutuhkannya untuk:
  1. Membantu tubuh membakar karbohidrat, protein, dan lemak.
  2. Menjaga kesehatan kulit, mata, dan sistem saraf
  3. Membantu pertumbuhan dan memproduksi sel darah merah.
Vitamin B2 bisa kita peroleh melalui sumber alami dari bahan makanan seperti produk susu, daging rendah lemak, telur, kacang-kacangan, nasi serta sayuran hijau. Bahan-bahan makanan tersebut sebaiknya dijauhkan dari cahaya matahari karena sinar ultraviolet bisa menghancurkan kandungan vitamin B.

Kekurangan atau defisiensi vitamin B2 umumnya bisa dialami oleh orang-orang yang mengidap diare dan demam yang berkepanjangan. Ketergantungan pada minuman keras, luka bakar, kanker, dan penyakit pada hati serta usus juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin B2.

Gejala dari defisiensi vitamin B2 adalah pemucatan dan lecet pada ujung bibir bagian atas bibir. Defisiensi ini juga berpotensi menyebabkan mata gatal dan terasa panas, mata yang sensitif terhadap cahaya, sariawan, lidah perih, serta pengelupasan dan gatal pada kulit hidung serta skrotum. Pencegahan dan pengobatan defisiensi vitamin B2 dapat dilakukan dengan suplemen vitamin B2.

Peringatan:
  1. Bagi Ibu hamil dan menyusui, sesuaikan dengan anjuran dokter.
  2. Harap berhati-hati dalam mengonsumsi suplemen vitamin B2 jika menderita hepatitis, sirosis, serta gangguan empedu.

Dosis Vitamin B2
Secara umum, takaran vitamin B2 yang dibutuhkan tubuh adalah 1,3 mg untuk pria dan 1,1 mg untuk wanita. Jika pasien mengonsumsi suplemen vitamin B2, dosis maksimal yang dianjurkan adalah 40 mg per hari. Dosis tersebut akan ditentukan oleh dokter berdasarkan kebutuhan serta kondisi kesehatan pasien. Selain hal-hal tersebut, dosis pada anak-anak akan ditentukan oleh dokter sesuai usia.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Vitamin B2
Meski dikonsumsi dengan takaran berlebihan, vitamin B2 jarang menyebabkan efek samping yang signifikan. Efek samping yang mungkin muncul adalah warna urine yang lebih kuning dari biasanya. Meski demikian, pastikan Anda membaca bahan yang terkandung pada tiap obat dan jangan mengonsumsi lebih dari satu suplemen yang mengandung vitamin B2.

Posting Komentar untuk "Vitamin B2"