Isotretinoin

Isotretinoin adalah obat untuk mengatasi jerawat. Masalah kulit ini terjadi karena tersumbatnya pori-pori yang seharusnya mengeluarkan minyak atau sebum ke permukaan kulit untuk menjaga kulit tetap halus, lembap dan fleksibel. Selain jerawat, hal ini juga bisa menyebabkan komedo. Isotretinoin berfungsi menekan aktivitas kelenjar minyak di kulit sehingga jumlah minyak yang dihasilkan berkurang. Selain itu obat ini juga bisa mengurangi ukuran kelenjar minyak dan peradangan yang timbul akibat jerawat.
Isotretinoin

Jika terjadi peradangan, tersedia obat oles isotretinoin yang mengandung eritromisin atau antibakteri. Apabila perawatan yang dilakukan dengan obat oles isotretinoin tidak kunjung mereda, dokter akan meresepkan tablet atau kapsul isotretinoin untuk mengatasi jerawat yang lebih parah.

Peringatan

  1. Bagi wanita hamil, menyusui, atau yang sedang berusaha memiliki anak, dilarang untuk menggunakan isotretinoin.
  2. Harap berhati-hati bagi penderita gangguan kulit selain jerawat, seperti rosacea dan eksim, diabetes, gangguan ginjal, gangguan hati, depresi, mata kering, kolesterol tinggi dan mereka yang kelebihan vitamin A.
  3. Harap waspada bagi yang memiliki keluarga dekat yang terkena kanker kulit.
  4. Jangan mendonorkan darah selama Anda mengonsumsi obat ini dan setidaknya sebulan setelah pemakaian selesai.

Dosis Isotretinoin
Untuk pemakaian obat oles isotretinoin, cukup oleskan isotretinoin dengan tipis di area munculnya jerawat sebanyak satu atau dua kali sehari. Jika kondisi kulit telah membaik, maka dokter akan menyarankan untuk mengurangi pemakaiannya.

Dosis rata-rata isotretinoin dalam bentuk kapsul atau tablet untuk dewasa diberikan sesuai dengan berat badan, yaitu 0,5-1 mg/kg per hari. Durasi konsumsi obat ini berkisar antara 4-6 bulan.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Isotretinoin
Penggunaan isotretinoin memiliki efek samping yang umumnya akan mereda seiring dengan penyesuaian tubuh terhadap obat. Di bawah ini adalah beberapa efek samping yang biasa terjadi.
  • Kulit terkelupas dan terasa perih atau terbakar
  • Berwarna kemerahan
  • Kulit menjadi kering
  • Sakit kepala
  • Mata kering
  • Mulut dan bibir kering
  • Mimisan
Segera temui dokter jika efek samping yang dialami tidak kunjung mereda.

Posting Komentar untuk "Isotretinoin"