Gentamicin

Gentamicin termasuk dalamgolongan antibiotik. Obat ini digunakan untuk mengobati infeksi akibat bakteri dan berfungsi membunuh atau mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Jenis-jenis infeksi yang dapat diatasi dengan gentamicin adalah infeksi mata, infeksi telinga, infeksi saluran kemih, infeksi paru-paru, serta septikemia. Jika Anda mengalami luka pada mata atau telinga, misalnya karena mata Anda tergores atau Anda baru menjalani operasi telinga, antibiotik ini juga biasanya dianjurkan oleh dokter untuk mencegah infeksi.
Gentamicin

Peringatan:
  1. Wanita hamil sebaiknya menghindari penggunaan obat suntik gentamicin, kecuali dianjurkan oleh dokter. Sedangkan wanita yang sedang menyusui harus menggunakannya sesuai dengan anjuran dokter.
  2. Penting bagi penderita untuk menghabiskan gentamicin sesuai resep dokter guna memastikan bakteri penyebab infeksi musnah, serta mencegah kambuhnya infeksi.
  3. Pengguna obat tetes mata gentamicin sebaiknya tidak mengemudi atau mengoperasikan alat berat untuk sementara. Antibiotik ini dapat menyebabkan pandangan menjadi samar.
  4. Harap berhati-hati bagi lansia, pengguna lensa kontak, serta penderita gangguan ginjal, gangguan hati, myastenia gravis, obesitas, dan gangguan telinga.

Dosis Gentamicin:

Dosis gentamicin yang diberikan tergantung pada jenis infeksi, tingkat keparahannya, serta riwayat kesehatan pasien.

Takaran untuk gentamicin yang disuntik akan disesuaikan dengan berat badan pasien. Penjelasan takaran obat suntik gentamicin pada tabel berikut adalah khusus bagi pasien tanpa gangguan ginjal.

Jenis Infeksi Takaran per hari
  • Infeksi yang serius 5 mg/kg berat badan
  • Infeksi sistemik 3-5 mg/kg berat badan
  • Infeksi saluran kemih 160 mg
Frekuensi pemberian gentamicin untuk infeksi serius dan sistemik umumnya tidak diberikan sekaligus, tapi dibagi-bagi. Pembagian dosis dan frekuensinya akan ditentukan oleh dokter. Dosis di atas adalah dosis umum yang akan direvisi dokter secara teratur dan disesuaikan dengan respons tubuh terhadap obat.

Tiap 10 ml obat tetes umumnya mengandung 30 mg gentamicin sulfat. Tabel berikut ini akan menjelaskan takaran yang umum dianjurkan untuk mengatasi infeksi mata dan telinga oleh dokter.

Jenis Infeksi Jumlah tetesan Frekuensi
  • Infeksi mata 1-2 tiap 4 jam
  • Infeksi telinga 2-4 3-4 kali sehari
Khusus untuk anak-anak, tanyakan dosis penggunaan antibiotik ini pada dokter.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Gentamicin
Tiap obat pasti memiliki efek samping, termasuk gentamicin. Beberapa efek samping yang dapat terjadi saat menggunakan gentamicin dalam bentuk obat tetes adalah:
  • Rasa perih, sensasi terbakar, atau iritasi ringan pada mata atau telinga.
  • Pandangan kabur setelah ditetesi obat (efek samping ini akan segera hilang).
  • Obat suntik gentamicin juga berpotensi menyebabkan efek samping yang meliputi kerusakan vestibular atau tuli, gangguan ginjal, serta gagal ginjal akut.

Posting Komentar untuk "Gentamicin"